cover
Contact Name
Agus Zainudin
Contact Email
jurnalalashr21@gmail.com
Phone
+6281336390005
Journal Mail Official
jurnalalashr21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kyai Mojo No.101, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68133 Tel / fax : (0331) 428 732 ; 0857 4632 4403 / (0331) 428 732
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
ISSN : 25028383     EISSN : 28083954     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan tentang (1). Pendidikan agama dan umum, (2). Pembelajaran Dasar, menengah, atas, tinggi, (3). Pembelajaran pada masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2020): Maret" : 7 Documents clear
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI BUSTANUL ULUM BANGSALSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Luluk Mashluchah; Dewi Hanum Afkarina
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5 No 1 (2020): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.58 KB)

Abstract

Abstrak: Penggunaan Media Gambar dalam proses belajar mengajarberperan penting karena mempunyai maksud dan tujuan yang pentingpula, yaitu untuk memberikan bantuan yang menstimulai cara berfikirdalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik, sebagaiperantara sebuah pesan dari sumber atau pengirim untuk sampaikepada penerima pesan dimana perantara tersebut harus dapatmerangsang pikiran, perasaan, perhatian penerima pesan (secaraumum) dan siswa (secara khusus) untuk belajar dan berfungsi untukmempercepat penyerapan pesan dengan maksud untuk mencapaitujuan tertentu, khusunya untuk mencapai tujuan pembelajaran.Berdasar kepada realita yang ada di MI , maka peneliti tertarik untukmengangkat tema “Penggunaan media gambar dalam upayameningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di MI . Tujuan yang kamiangkat dalam skripsi ini adalah, bagaimana pelaksanaan penggunaanmedia gambar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Bahasaindonesia di MI Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yangdigunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,interview dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu reduksidata, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan datamenggunakan trianggulasi sumber.Key Words: Media gambar, Prestasi belajr, Bahasa Indonesia,
PEMBINAAN MENTAL ROHANI KEAGAMAAN ISLAM UNTUK MEMBENTUK AKHLAQUL KARIMAH PADA PRAJURIT YONIF 509/BY/9/2 KOSTRAD JEMBER A. Aflach
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5 No 1 (2020): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.132 KB)

Abstract

Karakter yang baik melahirkan perilaku yang produktif(productive behaviour).Perilaku produktif adalah perilaku yang dapatmengembangkan diri, menjaga, meningkatkan kualitas kepribadian sertahubungan baik dengan sesame, komunitas masyarakat, alam dantuhan.Jika memiliki karakter, biasanya seseorang juga membekali dirisendiri dengan kecakapan-kecakapan kemampuan, kompetensi sertaprofesionalitas dalam bidang kerja. Maka ia juga mampu bekerja denganmenghasilkan suatu kinerja yang optimal dan maksimal. Oleh sebab ituorang tersebut juga dapat diandalkan (reliable) kemampuan kerjanya
MPLEMENTASI MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUATAN MUFRODAT (KOSAKATA BAHASA ARAB) PADA SISWA KELAS III MI BUSTANUL ULUM KEMIRI 01 KECAMATAN PANTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Raudatul
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5 No 1 (2020): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.874 KB)

Abstract

Pembelajaran menggunakan media gambar sebagai upayapeningkatan penguatan mufrodat (kosakata Bahasa Arab) siswa kelas IIIMI Bustanul Ulum Kemiri 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember yangterjadi dalam dua siklus. Dari hasil analisi data, kesimpulan yang diperolehdalam pengkajian ini adalah nilai rata-rata kelas Ulangan Harian pra siklusyaitu 43 %. Sedangkan pada siklus I nilai rata – rata kelas yaitu 65 %, danpada siklus ke II terjadi peningkatan nilai rata – rata kelas yaitu 87 %.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi media gambardapat meningkatkan penguatan mufrodat (kosakata bahasa arab) siswakelas III MI Bustanul Ulum Kemiri 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember.
UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN SHALAT DHUHUR BERJAMAAH SISWA: Studi Dekskripsi di SMA Satya Dharma Kecamatan Balung Kabupaten Jember Indra
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5 No 1 (2020): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.44 KB)

Abstract

Guru adalah salah satu di antara faktor pendidikan yangmemiliki peranan yang paling srategis, sebab gurulah sebetulnya pemainyang paling menentukan di dalam terjadinya proses belajarmengajar.Dalam proses belajar mengajar, guru mempuyai tugas untukmendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untukmencapai tujuan. Guru mempuyai tanggung jawab untuk melihat segalaseseatuyang terjadi dalam kelas untuk membantu perkembangan siswa.Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dariberbagai kegiatan dalam belajar sebagai salah satu proses yang dinamisdalam segala fase dan proses perkembangan siswa. Fokus penelitian inimengangkat masalah umum yaitu upaya guru PAI dalam menanamkankebisaaan shalat dhuhur berjamaah siswa. Fokus masalah: 1) Bagaimanaupaya guru PAI dalam perencanaan menanamkan kebiasaan shalat dhuhurberjamaah siswa 2) Bagaimana upaya guru PAI dalam pelaksanaanmenanamkan kebiasaan shalat dhuhur berjamaah siswa 3) Bagaimanaupaya guru PAI dalam evaluasi kebiasaan shalat dhuhur berjamaah.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, Adapun jenisnya deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview,dokumentasi . Teknik analisa datanya menggunakan reduksi data,penyajian data dan verifikasi data. Teknik penentuan informanmenggunakan purposive, keabsahan data menggunakan triangulasisumber. Hasil penelitian menunjukan, bahwa secara umum upaya guruPAI dalam menanamkan kebiasaan shalat dhuhur berjamaah siswaberjalan dengan baik, baik dalam perencanaan di buktikan adanyapembekalan terhadap siswa tentang tata cara shalat yang benar di dalamkelas, di dalam pelaksanaan di buktikan dengan adanya jadwal shalatberjamaah terorganisir, di dalam evaluasi di buktikan adanya evaluasirutin yang di lakukan dewan guru setiap kali di adakan rapat. Maka dapatdi simpulkan bahwa upaya guru PAI dalam menanamkan kebiasaan shalatdhuhur berjamaah berjalan dengan baik
HUBUNGAN KONDISI KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS AL-AZHAR MUKTISARI KALIWATES KABUPATEN JEMBER Kurnaini
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5 No 1 (2020): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.415 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan kondisikelas dengan motivasi belajar siswa, dengan fokus pada masalah: 1.Bagaimanakah hubungan kondisi kelas dengan motivasi belajar siswa. 2.Bagaimanakah hubungan kondisi fisik kelas dengan motivasi intrinsikbelajar siswa. 3. Bagaimanakah hubungan kondisi fisik kelas denganmotivasi ekstrinsik belajar siswa. 4. Bagaimanakah hubungan kondisi nonfisik kelas dengan motivasi intrinsik belajar siswa. 5. Bagaimanakahhubungan kondisi non fisik kelas dengan motivasi ekstrinsik belajar siswa.Dengan menggunakan tehnik analisa data kuantitatif Yule’s Q, makadiperoleh hasil sebagai berikut : Pertama, Terdapat hubungan kondisi kelasdengan motivasi belajar siswa. Kedua, Terdapat hubungan kondisi fisikkelas dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik belajar siswa. Ketiga.Terdapat hubungan kondisi non fisik kelas dengan motivasi intrinsik danekstrinsik belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1.Siswa-siswi hendaknya menjaga dan memelihara kelas dan lingkungansekolahnya dengan baik karena secara signifikan kondisi kelas yang bersihada pengaruhnya dengan motivasi belajar siswa. 2. Sebagai masyarakatsekolah, seorang siswa atau siswi hendaknya lebih disiplin lagi dalammematuhi peratuhan disekolah seperti tidak membuang sampahsembarangan, mencorat-coret dinding sekolah, dan lainnya. 3. Motivasijuga sangat perlu ditanamkan dalam jiwa sianak sebab dengan motivasi,akan dapat merubah jati diri dan kepribadian anak. 4. Pihak sekolah jugaharus memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh siswa-siswiuntuk mempermudah proses pembelajaran guna mendukung ataumemotivasi kegiatan yang dilakukan siswa-siswi disekolah
PENGARUH MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KESOPANAN SISWA KELAS VII DI MTs SATU ATAP (SA) MIFTAHUL ULUM PANTI JEMBER bahtiar
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5 No 1 (2020): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (883.413 KB)

Abstract

Dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan manusia bisamerasakan manfaatnya, dari yang awalnya tidak bisa menjadi bisa,dari yang tidak tahu menjadi tahu, maka tanpa adanya pendidikanpastibtaraf kedewasaannya tidak akan tercapai, dan pa sti akanberakibat pada tingkah laku manusia tersebut, apalagi dalampendidikan akhlak, apabila seseorang memiliki akhlak yang baikpasti seseorang tersebut telah menerapkan adab kesopanan dalamkehidupan sehari-hari.Adapun pokok permasalahan dalampenilitian ini adalah pengaruh mata pelajaran aqidah akhlakterhadap kesopanan siswa kelas VII di MTs. SA Miftahul UlumKecamatan Panti Kabupaten Jember
POLA INTERAKSI KYAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PESANTREN ASH-SHIDDIQI PUTRI TALANGSARI KALIWATES JEMBER Suhartina
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5 No 1 (2020): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.532 KB)

Abstract

: Interaksi adalah kebutuhan manusia dalam mempertahankankelangsungan hidup, hampir tidak mungkin seseorang dapat menjalanihidupnya tanpa berinteraksi dengan orang lain. Berdasarkan deskripsi diatas, maka pokok permasalahan dalam artikel ini bagaimana pola interaksikyai dan santri dalam membentuk karakter di Pondok Pesantren AshShiddiqi putri Talangsari Kecamatan Kaliwates Jember. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pesantren AshShiddiqi putri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknikpengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dandokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakanpenelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: polapendidikan yang digunakan dalam pembentukan pribadi bagi santri dalampenelitian ini adalah dengan menggunakan pembentukan pola hubunganbaik, yaitu pola yang digunakan dalam pembiasaan berhubungan antarakyai dengan santri dan hubungan antara santri dengan santri dalammenanamkan nilai-nilai karakter (aqidah, ibadah dan akhlak) yaitumembentuk santri menjadi manusia yang memiliki kedewasaan ilmu,wawasan, perilaku dan sikap

Page 1 of 1 | Total Record : 7